Sejarah Mobil Listrik
Penggunaan mobil listrik saat ini merupakan salah satu isu penting yang turut menjadi pendorong perkembangan teknologi dunia otomotif.
Beberapa dekade yang lalu, isu ini tidak terlalu diperhatikan karena produksi minyak dunia yang masih melimpah persediaannya dan sepertinya belum mencapai titik yang menghawatirkan.
Namun saat ini banyak pihak mulai sadar, bahwa cepat atau lambat produksi minyak global akan mengalami penurunan, ditambah dengan isu lingkungan hidup dan perubahan iklim secara global.
Beberapa dekade yang lalu, isu ini tidak terlalu diperhatikan karena produksi minyak dunia yang masih melimpah persediaannya dan sepertinya belum mencapai titik yang menghawatirkan.
Namun saat ini banyak pihak mulai sadar, bahwa cepat atau lambat produksi minyak global akan mengalami penurunan, ditambah dengan isu lingkungan hidup dan perubahan iklim secara global.
1821
Thomas Davenport membuat mobil listrik pertama kali dengan menggunakan baterai yang tidak dapat disetrum. Mobil ini mampu menempuh jarak 15 sampai 30 km.1860
Baterai asam sulfat (lead-acid battery ) yang dapat disetrum tercipta.1881
Mobil listrik pertama yang diakui secara resmi adalah mobil listrik dengan 3 roda yang dibuat oleh Gustave Trouvé di Paris.Mobil ini menggunakan baterai asam sulfat yang dapat disetrum.
Mobil ini dapat mencapai kecepatan 12 km/h.
1882
Pada tahun ini seorang ilmuwan Jerman, Ernst Werner Siemens menciptakan sebuah kereta yang digerakkan oleh listrik.
Kendaran ini dikenal dengan nama “Elektro-Motte” atau “Elektromote”, dan dianggap sebagai bus listrik pertama.
![]() |
Elektro-Motte |
1898
Perusahaan di Paris milik Charles Jeantaud merupakan perusahaan pemimpin di bidang teknologi mobil listrik pada sekitar tahun 1893 sampai 1906.Salah satu mobil produksi perusahaan ini mampu menempuh kecepatan 37.7 km/h.
1900
Pada pameran di Paris, Ferdinand Porsche menampilkan mobil listriknya.Mobil ini menggunakan motor listrik yang dipasang pada kedua roda axle depannya.
1902
A. Tribelhorn, seorang pionir perusahaan swiss yang memproduksi kendaraan-kendaran berpenggerak listrik membuat pertama kalinya mobil listriknya dengan electric motor.Selama kurang lebih 20 tahun perusahaan tersebut memproduksi kendaraan komersial berpenggerak listrik. Mereka hanya memproduksi mobil penumpang dengan jumlah yang sangat sedikit dan kebanyakan berupa prototipe.
1913
Stasiun pengisian bensin pertama memulai bisnisnya di Pittsburgh (USA). Tidak lama setelah itu, hampir disetiap kota di Amerika berdiri stasiun pengisian bensin.
Didukung dengan infrastruktur yang semakin banyak, harga bensin yang semakin murah dan perkembangan pada teknologi mesin internal combustion dengan range yang semakin luas membuat mobil dengan mesin internal combustion sukses dipasaran.
1960
Dr Charles Alexander Escoffery menampilkan untuk pertama kali mobil bertenaga surya, yaitu Baker Electric yang sebenarnya secara resmi sudah terdaftar di California pada tahun 1912, kendaraan ini menggunakan photovoltaic panel yang terdiri dari 10,640 sel tunggal.1969
Proyek “Lunar Rover” dikembangkan di Amerika serikat untuk misi pendaratan di Bulan. Kendaraan ini mempunyai motor listrik pada setiap rodanya. Dua buah baterai silver-zinc digunakan sebagai sumber listrik yang memungkinkan Lunar Rover menempuh jarak sejauh 92 km.![]() |
Lunar Rover |
1973
Terjadi krisis minyak dunia pertama, hal ini membuka mata negara-negara industri maju bahwa mereka sangat tergantung pada negara-negara pengekspor minyak. Saat itu harga minyak dunia melonjak sangat drastis.1985
Balap mobil bertenaga surya pertama kali diselengarakan di negara Swiss yang diberi nama Tour de Sol.1987
“World Solar Challenge” sebuah kompetisi kendaraan bertenaga surya diselenggarakan.1991
THINK adalah kendaraan pertama yang dianggap sebagai mobil listrik murni.![]() |
THINK |
1992
Pabrikan mobil Jerman Volkswagen mengembangkan VW Golf Citystromer, mobil ini merupakan modifikasi dari VW Golf mesin bensin yang diganti dengan motor listrik.![]() |
VW Golf City stromer |
1995
PSA Peugeot Citroën merakit mobil listrik sebanyak 10.000 unit selama rentang waktu 1995-2005.1996
General Motors mengeluarkan mobil listrik dengan dua tempat duduk ( two seater electriccoupé ) “EV 1” (Electric Vehicle 1) yang menggunakan baterai lead acid dengan berat 500 kg. Selanjutnya, penggunaan nickell-metal hydride batteries memperbaiki performa kendaraan ini.
2008
Tesla Roadster, mobil yang sepenuhnya ditenagai listrik diluncurkan oleh Tesla motors di pasar Amerika Serikat.Mobil ini menggunakan 6187 baterai laptop yang dirangkai secara seri dan mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 3,8 detik.
Tujuan program ini untuk mempromosikan riset dan pengembangan, persiapan pasar dan peluncuran kendaraan bertenaga baterai di Jerman.
2009
Pemerintah Jerman memperkenalkan rencana pemgembangan mobil listrik nasional (Nationalen Entwicklungsplan Elektromobilität, NEPE).Tujuan program ini untuk mempromosikan riset dan pengembangan, persiapan pasar dan peluncuran kendaraan bertenaga baterai di Jerman.
Diharapkan pada tahun 2020 populasi mobil listrik di Jerman bisa menyentuh angka 1 juta unit dan Jerman diharapkan dapat menjadi pemimpin pasar untuk produksi dan penggunaan mobil listrik.
Belum ada Komentar untuk "Sejarah Mobil Listrik"
Posting Komentar