Beli Mobil Hybrid Atau Mobil Listrik..?

Mana yang patut untuk dibeli, mobil hybrid atau mobil listrik murni..?


Jawabannya adalah tergantung pada kebiasaan penggunaan mobil Anda yang paling sering. Jika mobil digunakan sehari-hari hanya untuk perjalanan pendek maka menggunakan mobil hybrid atau mobil listrik merupakan pilihan yang cukup bijaksana.

Konsumsi bahan bakar kendaraan cukup banyak terbuang pada kondisi lalu lintas yang macet. atau banyaknya lampu merah yang mengakibatkan mobil sering melakukan stop and go. Sistem stop-start yang disematkan pada mobil hybrid dapat mematikan mesin saat berhenti dikemacetan atau lampu merah, hal ini tentu saja sangat baik untuk menghemat konsumsi bahan bakar.


Chevrolet Volt


Dengan sistem start-stop pada mobil hybrid konsumsi bahan bakar dapat membaik sekitar 5-10 % tergantung berapa lama mobil terjebak dalam kondisi lalu lintas yang macet. Dan jika mobil tersbut mengadopsi teknologi mobil full hybrid seperti halnya Toyota Prius yang ketika mulai bergerak menggunakan motor listriknya saja maka konsumsi bahan bakarnya akan jauh lebih irit lagi.
Faktor ini yang menyebabkan mobil hybrid sangat efektif digunakan pada daerah perkotaan yang lalulintasnya sering macet.

Salah satu tipe mobil listrik yang juga sangat ramah lingkungan karena konsumsi bahan bakarnya rendah adalah mobil listrik tipe extended range atau plug-in electric car.

Beberapa contoh jenis ini yang diproduksi pabrikan mobil seperti Chevy Volt dan Toyota Prius Plug-in hybrid. Apakah kelebihan yang ditawarkan mobil-mobil jenis ini..?
Yang jelas mobil ini menawarkan dua kelebihan yaitu: konsumsi bahan bakar yang lebi irit karena memiliki fitur staright electric driving mode dan daya jelajah yang lebih jauh karena masih menggunakan mesin bensin konvensional. Chevy Volt dapat menempuh jarak 60-70 km dengan menggunakan motor listriknya.



Toyota Prius


Daftar mobil hybrid yang pernah dan masih diproduksi :

Acura ILX hybrid
Acura MDX hybrid
Acura NSX hybrid
Acura RLX SporthHybrid
Audi A3 Sportback e-tron
Audi e-tron (2019)
BMW 530e (2018)
BMW 740e xDrive
Buick LaCrosse hybrid
Cadillac CT6 Plug-In hybrid
Cadillac ELR
Chevy Malibu hybrid
Chevy Silverado hybrid
Chevy Tahoe hybrid
Chevy VOLT
Chrysler Pacifica Hybrid
Ford C-MAX
Ford Escape hybrid
Ford F-150 XLP hybrid
Ford F-250 XLH Hybrid
Ford Fusion Energi (plug-in)
Ford Fusion Titanium hybrid
GMC Yukon hybrid
Honda Accord hybrid
Honda Civic hybrid
Honda Insight
Hyundai Ioniq Blue
Hyundai Sonata hybrid
Infiniti Q50 hybrid
Infiniti Q70 hybrid
KIA Niro
KIA Optima hybrid
Lexus GS450H
Lexus LC 500H
Lexus RX 400H
Lexus RX 450H
Mercedes-Benz C 350e Plug-in hybrid
Mercedes-Benz E-Class AMG E 53
Mercedes-Benz S-Class S400 hybrid
Mercury Mariner hybrid
MINI Countryman plug-in hybrid
Mitsubishi Outlander plug-in hybrid
Nissan Altima hybrid
Porsche Cayenne E-Hybrid
Range Rover P400e plug-in hybrid
Saturn Vue hybrid
Subaru Crosstrek hybrid
Toyota Avalon hybrid
Toyota Camry hybrid
Toyota Corolla hybrid (2020)
Toyota Highlander hybrid
Toyota Prius
Toyota Prius C
Toyota Prius Eco
Toyota Prius Prime (2019)
Toyota Prius V
Toyota RAV4 hydrid
Volkswagen Jetta hybrid
Volvo XC60 T8

Salah satu faktor yang membuat masyarakat masih malas menggunakan jenis mobil ini adalah harga jualnya yang masih sangat mahal. Dibutuhkan dukungan dari pemerintah dengan memberikan berbagai kemudahan dan insentif untuk menekan harga jual mobil-mobil ramah lingkungan seperti ini, dengan demikian diharapkan produsen-produsen mobil juga lebih bersemangat untuk memproduksi mobil seperti ini.

Dengan berbagai insentif yang diberikan memang harga mibil-mobil listrik masih tergolong mahal jika dibandingkan dengan tipe sejenis yang menggunakan mesin bensin konvensional, namun dari segi pengoperasian mobil ini akan memberikan keuntungan yang sangat besar bagi penggunanya.

Besarnya keuntungan ekonomis yang dirasakan pengguna mobil listrik hybrid tergantung pada jarak tempuh yang dicapai mobil tersebut, harga mobil dan faktor kenaikan harga BBM yang pasti terjadi tiap tahunnya.

Bagi pengguna mobil listrik hybrid yang sering menggunakan mobilnya untuk jarak tempuh yang jauh pasti keuntungannya akan lebih cepat dirasakan dibandingkan dengan pengguna mobil yang jarang digunakan. Namun yang pasti dengan berkurangnya konsumsi bahan bakar dengan penggunaan mobil listrik sangat bagus untuk lingkungan hidup karena lebih sedikit gas karbondioksida yang dilepaskan ke atmosfir yang sangat berkontribusi pada perubahan iklim dan pemanasan global, dan tentu saja mengurangi keuntungan perusahaan-perusahaan minyak.


Rata-rata pengguna mobil hybrid atau mobil listrik seperti Toyota Prius dan Chevy Volt mengaku puas dan sangat senang dengan mobil mereka. Hal yang sama juga terjadi pada pengguna mobil Tesla. Merek rata-rata sangat mencintai mobil mereka dan umumnya orang yang cukup peduli dengan lingkungan serta katif mempromosikan penggunaan mobil hybrid dan mobil listrik.

Jika mobil hybrid  tersebut hanya digunakan kurang dari 70 km perharinya maka dapat dipastiakn mereka Tidak akan pernah melakukan pengisian bahan bakar di SPBU. Bukankah hal ini sesusatu yang sangat menyenangkan, Anda dapat berkatifitas tanpa terlalu memikirkan konsumsi bahan bakar yang dapat menguras kantong....


Bersambung......

0 Response to "Beli Mobil Hybrid Atau Mobil Listrik..?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel